Tuesday, 16 October 2012

Sejarah Panjang SKRIPSI ku

Ku tulis untuk mengenang sejarah penyusunan sekripsiku yang telah berlalu...dan ini adalah behind the scren pembuatan skripsiku
karena terlalu panjang maka akan gw bagi ke beberapa bagian dan ini adalah bagian 1 dari 2 tulisan yang nanti akan gw posting.
Terimakasih buat Sudji ss, Yuni ss selaku dosen pembimbing, Nursaadah ss dan Aam ss selaku dosen penguji dan Ade, Dewi, Busud, Farah,bang dedi ,Iika selaku teman satu bimbingan dan anak-anak angkatan 2008 jepang yang sebentar lagi di wisuda...
gw yakin kalian pun m enyimpan perjuangan yang kurang lebih sama so tulislah untuk kita kenang  nantinya......

#####@!@@@

-->
Ayolahh..kamu pasti bisa genk….!!
Rasanya semua berjalan terlalu cepat,baru kemaren masuk kuliah ,mengikuti perkulihaan dan baru sebentar fokus pada mata kuliah karena banyak becandanya, namun waktu dekat ini sudah disibukkan dengan tugas ahir…berarti sebentar lagi ya.. satu semester lagi aku akan menyelesaikan kuliah ini.
Masa-masa galau bagi ku dan mungkin bagi teman-teman kuliahku menghadapi tugas ahir…ahhh bener-benr sedikit membunuh fikiranku.
Namun semua harus berjalan, jangan sampai tertinggal, karena waktu akan berjalan dengan sendirinya dan waktu tidak akan berhenti untuk ku.
Entah..lah aku binggung untuk melangkah memulai dari mana, setelah kemaren Dosen pembimbing 1(Sudji ss )  menyindir tema yang aku bahas, dari kata-katanya aku menangkap kesan kurang tertariknya dengan tema yang aku ajukan, namun aku masih belum menyerah selama aku belum ketemu langsung dan membahasnya dari hati ke hati, sampai saat ini aku memang belum bicara langsung dan menjelaskan. Kalaupun nanti sudah aku jelaskan dan dosen pembimbingku masih menolaknya ya apa boleh buat dengan terpaksa aku akan menggantinya, namun jujur sampai saat ini aku belum punya tema cadangan, begitu tidak tertariknya aku dengan lingguistik dan entah kenapa dosen pembimbinggu suka banget dengan skripsi yang bertema lingguistik…? Seoalah ada pertentangan ide antara aku dan dosenku..ahhh entahlah nanti….tapi sekali lagi waktu terus mengejar dan akan meninggalkanku…..
Hanya butuh kepastian iya atau tidak sebelum aku melangkah lebih lanjut dan kepastian itu akan terlihat besok hari selasa saat jadwal bimbngan pertamaku…yang ku butuhkan saat ini pengguasaan materi dan persiapan teori  dan penguasaanku terhadap topikku kalau sewaktu-waktu dosenku mendebatnya..semoga aku bias meyakinkan judul yang kuajukan nanti (Tentang pragmatisme agama di jepang ) kalian masih ingat...kannnn..

HUFFFT ahirnya Dosen pembimbinggu Sudji ss menyerahkan sepenuhnya topic yang aku teliti dengan catatan kalau aku yakin dengan data dan refrensi yang aku dapat,jujur dia tidak bias bantu dalam hal refrensi karena memang dia tidak punya buku-2nya. Bab 1 sudah aku ajukan minggu lalau, seminggu lagi aku akan tahu hasilnya dicoret parah atau malah terus..semoga saja aku bias terus melangkah mengejar ketinggalan anak-anak pagi.
Berjuang yahh berjuang demi mimpi yang terpendam dalam hidupku..bab 1 sudah terselesaikan dan ku kumpukan ke dosen pembimbing 1 dan 2 setelah refisian dari pembimbing 2 Yuni sensei.
Beberapa hari kemudian tepatnya seminggu setelah itu saat aku akan bimbingan dengan Sudji ss ada perasaan tidak enak dalam hatiku sebelum aku tahu jawabanya Sudji ss memanggilku dan bilang “kau ganti judul saja..tema itu berat dan terlalu sensitive..”
Teg……terkejut dan diam sekian menit ,setelah berdebat sebentar ahirnya aku yang mengalah toh aku yang butuh dosen pembimbing, dari pada aku terus ngotot takutnya nanti ditengah jalan saat aku mengalami kesulitan dosen pmbimbingku akan mendiamkanku.
Namun jujur saat ini aku juga belum mempuyai tema apa yag akan aku bahas dalm judul baru nanti..
Waktu semakin mengejar sementara saat ini aku masih dalam pencariaan judul..ahhh rasanya beban berat dalam kepalaku semakin menjadi-jadi, apa lagi melihat teman-temanku sudah mulai mengerjakan bab 2…damnnnn…aku tertinggal
Ahirnya aku konsultasi sama dosen pembimbing ke dua ku Yuni ss setelah ngobrol tentang tema  Yuni ss menyarankan tetap linguistic dan ada kemungkinan pembimbing setuju dan dapat mudah dalam membantu dan mencari refrensinya.
Yuni ss meminjamkan buu-buku tentang permbahasan tata bahasa dalam bahasa jepang  2 buku yang super tebal dan berbahasa jepang semua..
Buku-buku tebal itu menghiasi di dalam kamrku. Menghiasi,,? Ya..karena hanya menumpuk di meja belajarku sesekali ku sentuh..dan kubaca yahh baru 5 menit aku membaca mata ini sudah minta ampun dan sukses sudah dlam 5 menit ku ahiri membaca..
Butuh waktu seminggu pula aku memikirkan judul yang belum ketemu ahh waktu rasanya berjalan dengan cepatnya.
Hingga ahirnya aku konsultasi lagi dengan yuni ss dan dari beliau aku dapat pencerahan ide tentang lingguistik…tentang ungkapan sebab akibat dalam bahasa jepang.
Dan semalan entah kenapa rasa ingin mengerjakan begitu menggebu-gebu..gak tahu ada kekuatan apa dalam diriku yang pasti kekuatan kepepet karena ketertinggalanku dengan teman-teman. Paginya proposal baru sudah aku print dan langsung ku ajukan ke dosen pembimbing 1 ku Sudji ss.., tidak lama berbicara cma 5 menit dia meng-ok kan dan lanjut katanya.
Antara  bagus pembahasanya atau kasihan terhadapku…tapi cenderung yang ke dua menurutku.dosenku kasihan karena aku sudah jauh tertinggal ..
Apa boleh buat…ahrnya aku terusin dan terus maju mengejar ketinggalanku…move on “pikirku
BAB 2
Langkah-langkah selanjutnya cukup mudah bagiku karena tema dalam pembahasanku banyak buku yang membahasnya disamping itu gak begitu berat disbanding topic yang pertamaku.., aku berusaha mencintai topic keduaku walaupun dalam hati masih sedikit keki dengan penolakan tema yang aku suka.
Bolak balik ke japan foundation hanya sekedar  membaca potokopi buku buku yang berkaitan dengan pembahasan..
Bab 2 sudah hamper terselesaikan dan gak begitu banyak kendala yang bearti..dan dosen pembing ke 2 yuni ss banyak membantu dalam hal ini, walau sedikit revisi   namun semuanya masih dalam kemampuanku.
Kurang lebih aku selesaikan seminggu bab dua ku dengan kekuatan penuh disela-sela kesibukanku kerja.
bersambung......

No comments:

Post a comment

Damai Hati Ini Akan Selalu Ada

Hamparan sawah tandus menghampar sepanjang penglihatan dalam perjalanan ini, musim kemarau masih berlalu entah sampai kapan, bongkah...