Tuesday, 23 July 2013

Dari jaman githu loch sampai jaman jablay….ciyusss miapah ( sebuah kemajuan bahasa gaul )



Dari jaman githu loch sampai jaman jablay….ciyusss miapah
( sebuah kemajuan bahasa gaul )

Masih ingat kata-kata itu ( so what gitu loch…) yang sering banget di ungkapkan sama anak-anak sma khususnya dan bagi mereka yang mengaku anakgaul diseluruh Indonesia pada umumnya.
Jayus, cupu , sebagian kata-kata yang terlontar dalam keseharian hanya sekedar untuk mneyindir atau memberi tanggapan misalnya kita seringbanget denger jayus lo…atau cupu lo yang semakin menyemarakan perbedaraan kata-kata gaul.
Perbendaharan kat-kata gaul semakin banyak sehingga kita orang awam sulit untuk memahami omongan teman-teman kita satu komunitas yang sering banget menggunakan bahasa gaul ala mereka.
Pergaulan yang semakinberkembang mendorong semakin menambah istilah-istilah gaul di kalangan mereka.
Misalnya baru-baru ini ada istilah jabaly ( jarang di belay )yang sebenarnya di tujukan untuk para psk ( pekerja sek komersil ) namun dalam perkembanganya jablai ditujukan pula kepada orang-orang yang haus akan belaian dan dengan mudahnya kita mengatakan ach..dasar jablai lo…”
Jabalay semakin terkenal denagan di buatkanya lagu jablai yang dinyayikan oleh titi kamal dalam film layarlebar mendadak dangdutngak tahu istilah jablai muncul dari mana dan oleh siapa yang pasti istilah jablai semakin diminati di kalangan anak-anak sma sampai anak-anak kuliah hingga supir-supir angkot.jabalai….jabalai
 Selain itu juga kata sambung secara, yuuuk ( diucapin dengan nada genit ) ada dehhh..dan masih banyak lagi.
Dulu Radio prambors menjadi trend mark istilah –istilah tersebut, dengan penyiarr-penyiarnya yang rata-rata anak gaul Jakarta, menambah semakin mudahnya penyebaran istilah-istilah baru.

Manaketehek..
Its not from India but the meaning is mana gw tahu settt..dahhh
Bikin binggung kalau sudah ada teman yang fasih menggunakan bahasa gaul tersebut sedangkan kita tidak bisa memahaminya yang ada kita hanya bengong tak tahu apa-apa.
Rasa-rasanya nih kalau dah banyak temen-menggunakan bahasa tersebut untuk ngobrol bahasa Indonesia sendiri udah kayak terasa usang banget, tentunya gak ada niatan untuk meninggalkan bahasa tercinta kita itu.
 Tapi..dengan semaraknya bahasa gaul itu bisa dibilangmerusak bahasa Indonesia ngak sih…?
Bahasa itu berkembang , menurut teman gw sebenarnya bahasa gaul malah menambah perbendaharaan bahasa Indonesia kita dan memperkaya bahasa Indonesia, di inggris ka nada istilah slang..( bahasa prokem /gaul )

Cing pa kbar loe?
Coy gimokan nich kabar lo??
Whaddup sob ?

Ketiga istilah tersebut sebenarnya mempunyai satu arti yatu apa kabar,bahasa gaul mulai beragam dan tiap komunitas kadang mempunyai bahsa sendiri-sendiri yang mereka ciptakan dan mulai mereka sebarkan ke kalayak umum, mu;lai dari nich ye...,cupu, sumpeh lo...,ada dehhh, maless dehhh dan banyak lagi.

Dan ahirnya.....
Huuhhh.. susah banget ya ngikutin bahasa gaul ala mereka secara gw bukan anak gaul,...malesss dehhhh ngebahasnya
Manaketehek dahh..! mendingan kemek... yiuuuuuk !!
Ach..ngemeng aja lo nyet ( genk )

No comments:

Post a comment

Damai Hati Ini Akan Selalu Ada

Hamparan sawah tandus menghampar sepanjang penglihatan dalam perjalanan ini, musim kemarau masih berlalu entah sampai kapan, bongkah...