Sunday, 13 September 2015

#Tuntaskan Kabut Asap




Sudah beberapa minggu ini kawasan Riau, Jambi,Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Bengkulu, Kalimatan, Sulut, bahkan Singapura dan Malaysia terkena dampak kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan gambut di daerah tersebut,

Isu kabut asap sudah meluas hingga menjadi isu nasional bahkan Presiden Jokowi sudah turun meninjau kebakaran hutan, namun semuanya belum menghasilkan efek yang signifikan, kabut asap masih terus menyelimuti dan semakin memburuk.

Bencana tahunan mengenai kabut asap sudah hampir setiap tahun terjadi,efek kemarau yang berkepanjangan sehngga menghasilkan titik-titik api dan membakar lahan gambut hingga menyebar, diperparah dengan kesengajaan oknum masyarakat yang dengan sengaja membakar lahan  untuk pembukaan lahan baru, hal ini semakin memperparah keadaan.

Dari tahun ke tahun hal ini terjadi, yang seharusnya kita sudah berpengalaman untuk mengatasi hal tersebut,atau bahkan mencegah sebelum semuanya terjadi, namun lagi –lagi bencana kabut asap terjadi , lebih miris lagi ada oknum-oknum masyarakat dan pengusaha perkebunan yang dengan bodohnya sengaja membakar hutan untuk lahan perkebunan baru tanpa memikirkan efek yang akan ditimbulkan.

Praktek pembakaran hutan pun seolah sudah menjadi hal yang biasa, pelaku-pelaku pun sudah ada yang ditangkap, namun hukum yang belum membuatnya jera menjadikan pembakaran hutan masih berlanjut.

Saya tidak merasakan langsung efek dari kabut asap yang terjadi, namun  saya turut prihatin atas musibah kabut asap yang terjadi di daerah-daerah yang terkena kabut asap tersebut, yang hingga sampai saat ini masih belum reda. Saya mengerti betapa susahnya untuk bernafas ditengah -tengah kabut asap yang pekat, kekuarangan oksigen, dan penyakit ispa ,infeksi tenggorokan, sesak nafas dan penyakit paru-paru senatiasa menunggu.

Tidak banyak yang bisa saya lakukan selain hanya berdoa dan menuliskan rasa simapati terhadap saudara-saudara disana. Dan saya sadar ini tidak akan berpengaruh banyak atas penderitaan mereka.
Mereka hanya butuh satu hal yaitu udara bersih dan itu tugas pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk segera bergerak cepat mengatasi kebakaran yang terjadi. Semoga musibah kabut asap ini segera teratasi , dan udara bersih kembali seperti sediakala.

Aamiinn

#TuntaskanKabutAsap untuk udara segar kini dan nanti

#SelfiAsap

#Harusnya Indonesia itu sangat indah kalau nggak ada kabut asap ( Bacot si Juki)



No comments:

Post a comment

Damai Hati Ini Akan Selalu Ada

Hamparan sawah tandus menghampar sepanjang penglihatan dalam perjalanan ini, musim kemarau masih berlalu entah sampai kapan, bongkah...