Thursday, 5 November 2015

#Lost in Kuningan 2 ( Menengok Museum Taman Purbakala Cipari )



Setelah kami menikmati keindahan alam kota kuningan di kawasan palutungan dan curug putri (baca) kami melanjutkan wisata purbakala di museum taman purbakala Cipari.

Museum Taman Purbakala Cipari merupakan museum penemuan benda-benda purbakala di kota Kuningan, awal penemuan penggalian berupa peti kubur batu, kapak batu, gelang batu dan gerabah pada tahun 1972. 

Situs cipari pernah mengalami dua kali pemukiman yaitu ahir neolitik dan awal pengenalan bahan perunggu yang berkisar tahun 1000s/d 500 sebelum masehi, dimana masyarakat tersebut telah mengenal cara bercocok tanam dan organisasi yang baik, berkepercayaan terhadap nenek moyangnya dengan adat mendirikan batu-batu besar yang disebut dalam ilmu purbakala “megalit’ hal ini didasarkan pada penelitian oleh direktorat sejarah dan purbakala direktorat jendral kebudayaan yang melakukan penggalian.(Mengenal site Museum Taman Purbakala Cipari hal:3)

 Team BeJe


Museum ini terletak  di kelurahan Cipari,kecamatan Cigugur kabupaten Kuningan, Jawa Barat, dari ibu kota kuningan berjarak 4 km.
Berbagai benda-benda yang ditemukan dalam penggalian diataranya kapak batu, gelang batu, kapak perunggu, kendil, gerabah, peti kubur batu,altar batu ( punden berundak ) menhir (tiang batu).





 Perkakas 



Satu hal yang bisa diambil pelajaran setiap mengunjungi museum terutama situs museum Taman Purbakala Cipari diantaranya kita bisa belajar dan mengetahui sejarah manusia jaman dulu dan kebudayaannya yang telah berkembang  pada masanya.



 Sudut Taman Purba

Museum Taman Purbakala Cipari ini juga sebagai tempat pembelajaran siswa-siswa yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah purbakala di Cipari, banyak dari siswa smp berkunjung ke situs purbakala ini.


Kunjungan Siswa 
 

Setelah cukup lama kami mendapat penjelasan-penjelasan singkat mengenai Taman Purbakala Cipari, kami tak lupa untuk foto-foto bersama, kami sadar bahwa selayaknya  kita peduli terhadap keberadaan  situs-situs  seperti ini karena merupakan cagar budaya yang harus dilindungi untuk ilmu pengetahuan dan sejarah, bagi generasi berikutnya

“Benda cagar budaya merupakan kekayaan budaya yang sangat penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah ilmu pengetahuan demi pemupukan kesdaran jatidiri dan kepentingan Nasional “ (uu no 5 tahun 1992 tentang cagar budaya ).

##

Sumber : Buku Panduan Museum Taman Purbakala Cipari
Pic. Dok.pri
di post juga di http://jalan2.com/forum/
 


 

No comments:

Post a comment

Damai Hati Ini Akan Selalu Ada

Hamparan sawah tandus menghampar sepanjang penglihatan dalam perjalanan ini, musim kemarau masih berlalu entah sampai kapan, bongkah...