Wednesday, 5 October 2016

Hikayat Negeri Kopi ( Kopi Gayo Dan Kisahnya )




 

Judul Buku                  : Hikayat Negeri Kopi
Penulis                         : Syukri Muhammad Syukri
Penerbit                       : Grasindo


Entah kenapa saya begitu tertarik dengan buku-buku yang membahas berbagai hal tentang kopi, cerita tentang kopi, novel atau cerpen yang bertemakan tentang kopi. Bagi saya kopi merupakan teman duduk yang menjadi salah satu sumber inspirasi, walau kadar kesukaan saya akan kopi masih dilevel pemula dalam artian hanya sekedar suka dengan harum aroma dan nikmatnya secangkir kopi.
Beberapa waktu yang lalu koleksi buku saya yang bertemakan tentang kopi bertambah satu lagi setelah buku “Hikayat Negeri Kopi “ ada dimeja baca saya.

Hikayat Negeri Kopi merupakan buku karangan Mas Syukri Muhammad Syukri seorang kompasianer yang sering menulis berbagai artikel di blog kompasiana. Dan buku ini terdiri dari berbagai artikel yang telah ia publish di kompasiana. Dalam bukunya ia bercerita banyak tentang kopi, terutama kopi gayo yang sudah sangat terkenal di dunia perkopian, serta berbagai seluk beluk tentang kopi serta dunianya.

Kopi sudah menjadi gaya hidup, gerai-gerai kopi sudah semakin menjamur tak hanya dikota-kota besar sehingga memudahkan kita untuk menikmati berbagai kopi yang istimewa, nongkrong di kedai kopi sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi kebanyakan orang.

Hikayat Negeri Kopi terdiri dari beberapa bab pembahasan, pada bab gaya hidup penulis menceritakan bahwa kopi sudah menjadi sebuah tradisi tersendiri bagi masyarakat terutama masyarakat Takengon, Aceh Tengah. Serta membahas tentang perkembangan industri kopi gayo di tengah-tengah masyarakat Aceh.

Selanjutnya pada bagian para pejuang, menceritakan tentang orang-orang yang dengan kesungguhan dan ketekunanya mencintai dunia kopi dan seluk beluknya, mereka orang-orang yang konsisten dan memunyai passion dalam industri perkopian.

Sayang Hikayat Negeri Kopi tidak mengulas tentang berbagai jenis kopi yang ada di Indonesia, namun mengkhususkan tentang kopi yang tersebar dan menjadi komoditi unggulan di masyarakat dataran tinggi gayo yaitu kopi gayo yang kini sudah menjadi produk unggulan yang mendunia.
Berharap ada buku sejenis yang membahas tentang industri perkopian di indonesia secara luas baik tentang kopi-kopi unggulan disetiap daerah di Indonesia.

Walau begitu Hikayat Negeri Kopi mampu memberikan banyak pengetahuan tentang kopi khususnya kopi Gayo. Membaca buku ini sangat cocok ketika ditemani secangkir kopi hangat kesukaan dan beberapa potong kue atau ubi rebus hangat, aroma dan nikmat kopi akan membuat kita terasa begitu damai.

Kopi tetaplah kopi ada sisi pahit di dalamnya, begitu juga dengan hidup kadang ada pahit dan manis yang kita lewati, dan semuanya akan memberi warna tersendiri bagi kehidupan yang kita jalani.
 
Mari ngopiii…..! jangan lupa bahagia J

@@


No comments:

Post a comment

Damai Hati Ini Akan Selalu Ada

Hamparan sawah tandus menghampar sepanjang penglihatan dalam perjalanan ini, musim kemarau masih berlalu entah sampai kapan, bongkah...