Sunday, 6 November 2016

Bersama Kita Menjaga Dan Mencintai Alam



Sebuah perusahaan yang maju  seharusnya tidak hanya bertumpu mencari keuntungan dari  produk yang dihasilkan, namun juga  bisa berkontribusi dan memberi manfaat   dalam kegiatan-kegiatan  untuk  kemasyarakat sekitar, kegiatan lingkungan hidup, bakti sosial, santunan-satunan dll


Sebagai salah satu perusahaan yang maju PT. NSK BEARING  tak lupa ikut serta dalam berbagai kegiatan sosial baik yang sudah dilakukan ataupun kegiatan yang akan dilakukan . Begitu juga dengan kegiatan yang dilakukan saat ini, bersama team CSR, PUK  dan Aryapala menjalin kerja sama dalam rangka ulang tahun PT.NSK BEARINGS MFI yang ke 100 tahun (1916-2016) memberikan kontribusinya untuk kelangsungan dalam menjaga lingkungan hidup, yaitu dengan  mengadakan sebuah acara yang bertajuk Pipanisasi dan Opsih (Oprasi Bersih) yang diadakan pada tanggal 5 November 2016 di Gunung Lembu, Desa Panyindangan, Sukatani-Purwakarta. dengan melibatkan team CSR PT.NSK,PUK/PT.NSK  dan Aryapala sebagai panitia pelaksana, dan beberapa karyawan yang dalam kesempatan kali ini berjumplah sekitar 150 orang.

Kegiatan ini sebagai bukti dan rasa tanggung jawab PT.NSK  dalam kepeduliannya  terhadap lingkungan hidup dan kegiatan kemasyarakatan. 

Sabtu pagi tepat pukul 7:00 rombongan menggunakan 3 bus besar menuju Purwakarta dimana kegiatan akan dilaksanakan, perjalanan memakan waktu yang lumayan panjang karena jalan desa yang menanjak dan berkelok membuat bus harus ektra hati-hati, kawalan mobil patroli polisi di depan  menyeterilkan jalan yang akan dilalui sedikit banyak bisa mengurangi hambatan dalam perjalanan.

Rombongan tiba dilokasi pukul 10;30 setelah memakan waktu perjalanan yang cukup lama, agenda acara sendiri berupa pemberian batuan untuk penggadaan jalur air (Pipanisasi) bagi warga sekitar desa yang ketika musim kemarau  kesulitan  mendapatkan sumber mata air, dengan diadakan pemberian pipa dan dua taron/tandon air, bisa mempermudah dalam pendistribusian aliran air ke rumah-rumah warga terutama saat musim kemarau panjang tiba.

Dalam acara ini simbolisasi penyerahan pipa dan tandon air  diwakili oleh Bapak Abdul Latif selaku  perwakilan manajemen PT.NSK kepada sesepuh desa setempat.


Setelah selesai acara simbolisasi penyerahan pipa, peserta melaksanakan pendakian masal  ke Gunung Lembu untuk mengadakan oprasi bersih disepanjang pos dan jalur pendakian.
Peserta terbagi dari 5 team yang semuaya mempunyai misi untuk membersihkan dan menbawa turun sampah disetiap pos yang telaah ditentukan, ada keseruan ketika melakukan perjalanan bersama , mempererat pertemanan, melatih fisik dan tentunya memberi arti dan menanamkan rasa cinta dan perduli terhadap alam.

Beberapa peserta yang belum terbiasa naik gunung sedikit mengalami kecapaian, namun berkat sigapnya panitia semua hambatan lambat laun bisa diatasi.


Lelah perjalanan terbayar sudah ketika sampai kepuncak dan menikmati keindahan alam dari ketinggian, terlihat Waduk Jati Luhur menghampar dengan luasnya dan keramba nelayan terlihat kecil mengapung disepanjang permukaan waduk.

Batu Lembu merupakan icon tersendiri dari Gunung Lembu, berupa hamparan batu yang cukup luas menjorok dan menyatu dengan dinding gunung, dari Batu Lembu pemandangan dari ketinggian menjadi daya tarik tersendiri  bagi para pendaki, tak lupa peserta opsih pun selain memunguti sampah yang berserakan juga menyempatkan diri untuk berselfi.




Menjaga Keselamatan diri untuk tidak terlalu mendekat ke bibir jurang, dan saling menginggatkan bahaya yang mengancam.. safety fist itu yang menjadi jargon yang selalu diutamakan tidak hanya di dalam perusahaan, namun ditempat dimana potensi bahaya terjadi. Setelah cukup puas melihat pemandangan dari ketinggian peserta mulai meninggalkan dan menuju turun.

Menginggat cuaca semakin mendung dan waktu sudah mempet  serta opsih juga sudah dilaksanakan, tepat pukul 15;00 semua peserta kembali turun menuju base cam, Perjalanan turun tidak seberat saat pendakian, namun lelah kaki cukup terasa bagi mereka yang belum terbiasa naik gunung.Konsentrasi dan selalu menjaga keselamtan menjadi hal utama yang harus dipegang disetiap melakukan pendakian.

Suksesnya acara merupakan bentuk kekompakan dan kerja sama dari beberapa elemen di dalam perusahaan, semoga kedepan sinergi kebersamaan dan kekompakan selalu bisa terjaga diantara manajemen PT.NSK, PUK.PT NSK dan Aryapala serta semua pihak terkait yang selalu memberikan dukungan dalam terlaksananya acara tersebut.

Dan semoga kegiatan –kegiatan selanjutnya akan terus dilaksanakan secara berkala baik kegiatan dibidang sosial budaya, lingkungan alam , pendidikan dan banyak lagi dan menjadi sebuah  kebangga an tersendiri bisa menjadi bagian dari perusahaan yang turut andil dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, dan lingkungan sekitar.

Setelah semuanya turun, dan bersih-bersih tepat pukul 17;05 peserta meninggalkan lokasi kembali menuju bekasi. Untuk selanjutnya mereka akan mengenang pengalaman akan sebuah perjalanan mendaki gunung 

@genk
Thanks to : #Team CSR PT.NSK Bearing#PUK/PT.NSK#Aryapala#BakorHijau


 





 



 





No comments:

Post a comment

Damai Hati Ini Akan Selalu Ada

Hamparan sawah tandus menghampar sepanjang penglihatan dalam perjalanan ini, musim kemarau masih berlalu entah sampai kapan, bongkah...